Minggu, 20 Februari 2011

penyakit cabe

 
Cabe merupakan salah satu tanaman favorit para petani karena keuntungan yang cukup besar dari produk pertanian ini. Namun untuk membudidayakan tanaman cabe bukanlah perkara mudah.
Selain perawatan yang membutuhkan perhatian lebih, masalah gangguan yang sering timbul maupun penyakit pada tanaman cabe juga perlu penanganan yang tepat agar tidak malah menimbulkan kegagalan panen. 
Dengan mengenal jenis penyakit yang kerap menyerang tanaman cabe, maka diharapkan penanganannya juga dapat lebih diantisipasi. Penyakit yang sering menyerang tanaman cabe itu meliputi :
  • Layu Daun
Layu daun disebabkan oleh cendawan fusarium yang akan menyebabkan daun menjadi kuning dan layu, tulang tanaman yang layu dan terkulai. Penyakit ini umumnya terjadi pada tanaman yang tingkat kelembaban yang terlalu tinggi, terutama yang ditanam di daerah dataran tinggi.
Bila kita memotong batangnya, maka akan terlibat sebuah lingkaran berwarna coklat  yang kalau dibaui seperti amoniak. Selain itu layu daun sebagai penyakit pada tanaman cabe juga bisa disebabkan oleh bakteri pseudomonas solacanearum.
Daun yang terkena penyakit ini tampak seperti habis tersiram air panas, dan biasanya akan mati dalam beberapa hari kemudian. Pada batangnya juga terdapat lingkaran berwarna coklat. Namun yang membedakan, bila batang tanaman yang terkena bakteri ini direndam air, maka dari batang itu akan keluar cairan berwarna coklat.
  • Busuk Daun
Busuk daun atau sering disebut dengan cacar daun ini disebabkan oleh cendawan yang bernama phytophthora infestans. Tandanya terlihat pada daun maupun buah yang timbul bintik-bintik hitam tak beraturan. Biasanya, tanaman akan segera mongering dan mati tak lama setelah gejalanya terlihat.
  • Busuk Buah
Penyakit ini menyerang buah cabe dengan gejalanya berupa bercak coklat. Awalnya bercak pada buah cabe itu kecil namun lama kelamaan makin membesar.
Tak lama kemudian buah akan mengering dan menjadi busuk. Penyakit yang menyerang tanaman cabe ini disebabkan oleh cendawan colectroticum sp.
  • Rebah Batang 
Rebah batang merupakan salah satu jenis penyakit pada tanaman cabe yang disebabkan oleh cendawan phytium sp. Cendawan ini bahkan menyerang sejak dalam tahap pembibitan terutama pada bagian pangkal batang tanaman cabe.
Gejalanya berupa berubahnya warna batang tanaman cabe menjadi coklat akibat proses pembusukan yang terjadi. Selanjutnya tanaman akan layu dan mati.
  • Busuk Kuncup
Gejala penyakit busuk kuncup berupa tangkai batang tanaman berubah warnanya menjadi coklat kehitaman lalu membusuk dan mengeluarkan spora cendawan berwarna kelabu.
Penyakit yang umum dinamakan teklik ini biasanya terjadi pada musim hujan dan disebabkan oleh cendawan choanephora cucurbitarum. Selain menyerang batang tanaman, cendawan juga akan menyerang bagian lain tanaman, seperti tangkai bunga, bunga, dan pucuk.
  • Bercak Daun
Penyakit bercak daun ditandai dengan munculnya bercak pada daun tanaman cabe yang berwarna putih bulat. Awalnya bentuk bercak kecil namun lama kelamaan melebar dan membesar.
Selanjutnya daun akan menguning, begitu juga dengan buah cabe akan ikut menguning. Penyakit pada tanaman cabe ini disebabkan cendawan cercospora capsici heald et wolf dan biasanya menyerang pada musim hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar